Tugas 2
Memahami Kaidah Kebahasaan dalam Teks “Nelson
Mandela:Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid”
1.
a.
Masa
kecil Mandela cukup damai, dia banyak menghabiskan waktu menggembala atau
melakukan kesibukan pedesaan yang lain.
b.
Mandela kemudian
magang pada sebuah biro hukum. Kariernya dalam bidang hukum berlanjut
hingga dia bisa menjadi pengacara yang cukup sukses.
c.
Mandela
memilih jalan tanpa kekerasan sebagai strategi. Dia bergabung dengan Liga Kaum
Muda, organisasi pemuda Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1944.
d.
Ketika
Mandela kembali, dia ditahan dan dikirim ke penjara Robben Island selama lima
tahun.
e.
Mandela
memikul seluruh tanggung jawab perjuangannya.
2.
Carilah pengacuan yang terdapat dalam teks “Nelson
Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid”. Kalian boleh mencari pengacuan yang
bukan manusia, seperti yang terlihat pada kolom berikut.
No
|
Pengacuan
|
Hal Yang Diacu
|
Pengacuan Dalam Kalimat
|
1
|
Keterlibatan
inilah
|
Melibatkan diri
dalam aksi protes mahasiswa menentang tatanan politik yang menempatkan orang
kulit putih lebih tinggi dari orang kulit hitam.
|
Keterlibatan
inilah yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus dia tempuh dalam
memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit hitam di Afrika
Selatan.
|
2
|
Dalam situasi
semacam itu
|
Rakyat banyak
yang telah dijinakkan dalam kepatuhan wilayah geografis yang luas merintangi
komunikasi dan mobilitas, sementara perang antar ras bukan suatu pilihan yang
realistis, bahkan bisa menghebohkan.
|
Dalam situasi
semacam itu. Mandela memilih jalan tanpa kekerasan sebagai strategi.
|
3
|
Pada 1961 semua
itu
|
Menggelar
peradilan besar-besaran terhadap para "Penghianat". Termasuk
Mandela.
|
Namun pada 1961
semua itu berakhir dengan pembebasan ke 156 tertuduh.
|
4
|
Di gedung inilah
|
Gedung pemerintah
Union
|
Digedung inilah
kepala negara di zaman apartheid menandatangani banyak undang-undang rasial
yang ditentang Mandela.
|
5
|
Di tempat ini
pula
|
Gedung pemerintah
Union
|
Ditempat ini
pula, Mandela diangkat menjadi kepala negara kulit hitam pertama untuk Afrika
Selatan.
|
6
|
Sosok yang
bersahaja ini
|
Nelson Mandela
|
Sudah sepantasnya
sosok yang bersahaja ini dihormati dan dikenang banyak orang dipenjuru dunia.
|
3.
Untuk
dapat menguraikan peristiwa demi peristiwa yang dialami Nelson Mandela, coba
kalian baca lagi teks cerita ulang biografinya, lalu temukan peristiwa,waktu
dan tempat. Setelah itu, kalian bisa menuliskanya kedalam kolom yang telah
disediakan.
No.
|
Peristiwa
|
Waktu
|
Tempat
|
1
|
Lahir
|
18 Juli 1918
|
Umtata, Afrika
Selatan
|
2
|
Bergabung dengan
organisasi pemuda
|
1944
|
Liga kaum muda,
Organisasi pemuda kongres nasional afrika (ANC)
|
3
|
Pembantaian para
demonstran kulit hitam
|
Maret 1960
|
Sharpeville
|
4
|
Mencabut
pemberangusan ANC dan mengumumkan pembebasan Nelson Mandela
|
2 Februari 1990
|
Afrika Selatan
|
5
|
Mendapatkan
hadiah Nobel Perdamaian bersama F.W de Klerk untuk jasanya menghentikan
sistem apartheit
|
1993
|
Afrika Selatan
|
6
|
Terpilih sebagai
presiden Afrika Selatan
|
1994
|
Afrika Selatan
|
7
|
Wafat
|
5 Desember 2013
|
Afrika Selatan
|
8
|
Peresmian patung
|
16 Desember 2013
|
Pretoria, Afrika
selatan
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
4.
Carilah
beberapa contoh kalimat yang menggunakan
kata kerja material , Lalu tuliskan pada tabel berikut.
No.
|
Kata Kerja
Material
|
Contoh Kalimat
|
1.
|
Menyaksikan
|
Namun, selama
bertahun-tahun kemudian dia menyaksikan bagaimana politik apartheid (politik diskriminasi
warna kulit) sangat tidak manusiawi.
|
2.
|
Mengenyam
|
Nelson Mandela
pernah mengenyam pendidikan di College of fort Hare, University of South
Africa, dan University of Witwaterrand, Johannesburg. Keterlibatannya dalam
politik dimulai saat dia keluar dari sekolah College of Fort Hare.
|
3.
|
Membayangkan
|
Nama Rolihlala
kadang diartikan sebagai 'pembuat onar', sementara nama Nelson baru kemudian
ditambahkan oleh guru sekolah dasarnya yang membayangkan suatu kemegahan
kerajaan pada nama itu.
|
4.
|
Memperjuangkan
|
Keterlibatan
inilah yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus ditempuhnya dalam
memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit hitam di Afrika
Selatan
|
5.
|
Mengosentrasikan
|
Harapan Mandela
untuk berhasil sangatlah kecil karena selama berabad-abad pemerintah kolonial
telah mengosentrasikan semua kekuasaan politik dan militer, akses pendidikan,
dan sebagian besar kekayaan ditangan minoritas kulit putih.
|
6.
|
Menentang
|
Dia mengambil
bagian dalam program perlawanan pasif untuk menentang aturan agar orang kulit
hitam membawa pas jalan dan membuat mereka tetap dalam posisi budak
terus-menerus.
|
7.
|
Menjemukan
|
Jam-jam istirahat
yang sebelumnya menjemukan diisi dengan aktivitas budaya, dan Mandela
mengingat dengan bangga aktingnya sebagai Creon dalam drama Sophocles,
"Antigone".
|
8.
|
Mengumumkan
|
Sebagai tanggapan
atas tekanan dari dalam dan luar negeri, presiden F.W. de Klerk pada 2
Februari 1990 mencabut pemberangusan ANC dan mengumumkan pembebasan segera
Mandela.
|
9.
|
Mengatasi
|
Namun, Mandela
terbukti mampu mengatasi persoalan ini karena integritas moral dan fokus
perjuangannya untuk menyatukan satu negara dengan dua warna kulit yang
berbeda itu.
|
10.
|
Mendobrak
|
Perjuangan yang
mendobrak kekuasaan apartheid di Afrika Selatan itu meninggalkkan pelajaran
berharga bagi dunia.
|
5.
Pada
teks Nelson Mandela : Sang pemaaf Peruntuh Aphartheid terdapat beberapa kalimat
yang mengandung konjungsi. Sekarang carilah kalimat yang berisi teks model yang
berisi konjungsi tersebut.
a)
Ketika ayahnya meninggal, dia diurus oleh seorang
anak keluarganya yang menjadi bupati.
b)
Kharismanya
yang hebat tidak hanya mempengaruhi rayat Indonesia, tetapi juga bangsa-bangsa baru di Asia-Afrika
c)
Nama
Rolihlala kadang diartikan sebagai pembuat onar, sementaranama Nelson
baru kemudian ditambahkan oleh guru sekolah dasarnya yang membayangkan suatu
kemegahan pada nama itu.
d)
Keterlibatan
inilah yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus ditempuhnya
dalam memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit hitam di Afrika
Selatan.
e)
Rakyat
banyak telah dijinakan dalam kepatuhan, wilayah geografis yang luas merintangi
komunikasi dan mobilitas, sementara perang antar ras bukan suatu pilihan
yang realistis, bahkan bisa menghebohkan.
f)
Dia
mengambil bagian dalam program perlawan pasif untuk menentang aturan agar orang kulit hitam membawa
pas jalan dan membuat mereka tetap dalam posisi budak terus-menerus.
g)
Kemudian, Afrika Selatan "bergolak" karena
pembantaian para demonstran kulit hitam di Sharpeville pada Maret 1960. Akan tetapi,
pemerintah tetap menghantam oposisi.
h)
Ketika Mandela kembali, dia ditahan dan dikirim ke
penjara Robben Island selama lima tahun.
i)
Ketika pemilihan umum demokrasi berlangsung,
Mandela terpilih sebagai presiden Afrika Selatan (1994)
j)
Nelson
Mandela wafat usia 95 tahun (5 Desember 2013) setelah lama dirawat
karena menderita infeksi paru-paru.
6.
Coba
kalian temukan beberapa kalimat simpleks yang ada di dalam teks cerita ulang
biografi “ nelson Mandela: ssang pemaf peruntuh Apartheid” itu , lalu tuliskan
pada kolom berikut.
NO
|
SUBJEK
|
PREDIKATOR
|
PELENGKAP+KETERANGAN
|
1
|
Mandela yang
telah meraih reputasi sebagai pemimpin orang kulit hitam
|
berjuang
|
Di bawah tanah
selama lebih dari setahun
|
2
|
Nelson Mandela
pernah
|
Menggenyam
|
Pendidikan di
college of fort here ,university of south afrika, dan university of
witwaterrand,Johannesburg.
|
3
|
Afrika selatan
|
Bergolak
|
Di sharpeville
|
4
|
Sepanjang hidup
saya , saya
|
Mendedikasikan
diri
|
pada perjuangan
rakyat afrika
|
5
|
Para napi
|
Meninggalkan sel
|
Pada pagi hari
|
6
|
Presiden
Jacob zuma
|
Meresmikan patung
besar dengan sosok Mandela yang
tersenyum dan mengenakan hem yang disebut” hem madiba”
|
Di ibukota
afrika selatan, Pretoria.
|
7
|
Patung perunggu setinggi Sembilan meter dengan berat 4,5 ton ini
|
Di resmikan
|
Di pekarangan
gedung pemerintah union
|
8
|
Nelson Mandela memiiki sifat pemaafyang luar
biasa. Sudah sepantasnya sosok yang bersahaja ini
|
Di hormati dan di
kenang
|
Di penjuru dunia
|
Please. tinggalkan koment untuk blog saya :)
Yes good
ReplyDeleteterimakasih :)
ReplyDeleteSangat membantu
ReplyDeleteThanks yaa... membantu sekali :)
ReplyDeleteTerimakasih ya :) , Blog nya sangat membantu sekali :)
ReplyDeleteTerima kasih ini sangat bermanfaat dan membantu
ReplyDeleteTerima kasih ini sangat bermanfaat dan membantu
ReplyDeleteterima kasih ini sangat membantu saya
ReplyDeleteTerima kasih sangat bermanfaat dan membantu
ReplyDeleteSankyu..
ReplyDeletesip
ReplyDeleteThankyouu
ReplyDeleteno 9,10
ReplyDeleteTerimakasih blognya sangat membantu untuk mengerjakan tugas
ReplyDeleteWELCOME IN MY BLOG GUYSSSS
ReplyDelete